Blog merupakan sebuah bentuk aplikasi website yang memiliki konten berupa tulisan-tulisan pada sebuah halaman. Tulisan-tulisan tersebut memiliki keberagaman, tergantung pada jenis konten yang dipilih penulisnya. Banyak orang yang menjadikan blog sebagai media pembelajaran, berbagi tips, pengalaman, ataupun menulis kegiatan harian. Hingga kini masih banyak para penulis blog yang terus berkonsisten untuk berkarya berbagi berbagai tulisan kepada para pembaca setianya.

Saya sendiri telah terjun ke dunia kepenulisan blog ini sejak saya duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama. Saat itu konten yang saya miliki hanyalah sekedar berbagi kegiatan sehari-hari bersama dengan teman-teman di sekolah. Juga berbagi cerita mengenai beragam kegiatan yang dilaksanakan di sekolah. Hingga kemudian blog ini beralih fungsi sebagai media pembelajaran ketika saya duduk dibangku Sekolah Menengah Atas. Saat itu berbagai konten yang saya sediakan ialah berkaitan dengan tugas-tugas yang memang diwajibkan. Hingga kemudian dunia ini saya tinggalkan untuk waktu yang lama.

Kemudian pada pertengahan tahun 2019 saya memulai untuk menulis kembali, namun selalu terhalang oleh pertanyaan “kira-kira konten seperti apa yang dapat saya sediakan?”. Hingga akhirnya saat ini saya mulai menggeluti bidang ini lagi, dengan beragam konten yang saya sediakan. Pertanyaannya “kemanakah konten-konten lama?” konten lama yang saya miliki kebanyakan telah saya hapus entah karena apa dan bagaimana ceritanya.

Saat ini banyak orang yang dengan mudah membuat akun blog dan akhirnya memilih untuk menulis sebuah konten. Namun, kebanyakan orang tidak konsisten akan sesuatu hal yang telah dimulainya. Itu merupakan tantangan berat bagi diri saya sendiri dan orang-orang luar yang memiliki jobdesk sama seperti ini, yaitu membagikan sebuah informasi kepada khalayak umum.

Saat ini bidang seperti itu sangat diperlukan diberbagai bidang, salah satunya yaitu bidang perpustakaan. Perpustakaan sendiri merupakan sebuah media untuk menyalurkan informasi kepada masyarakat umum. Dengan bidang menulis seperti ini tujuan itu tentu akan tercapai. Namun, hal ini menjadi tantangan berat bagi para pustakawan, terutama pada zaman era digital seperti saat ini. Pustakawan dituntut untuk dapat terus berkembang seiring berkembangnya zaman serta dituntut untuk terus menyalurkan informasi kepada khalayak umum dengan cara yang modern.

Saya sendiri tentu pernah mengalami kesulitan dalam menjalani bidang ini. Terutama ketika pemilihan tema, karena tema pada sebuah laman website menjadi daya tarik bagi para pembacanya. Hal itu yang harus diperhatikan oleh para pustakawan, tampilan pada laman website yang dikelola haruslah terlihat modern dan mudah diakses tentunya. Selain itu juga pada pemilihan konten yang akan saya tayangkan dilaman blog saya sangatlah sulit. Tentunya saya juga harus update mengenai topik yang sedang hangat dibicarakan oleh banyak orang, hal itu akan menjadi salah satu konten yang dapat ditayangkan dilaman blog saya. Namun, selain itu saya juga dapat menayangkan konten yang memang jarang orang ketahui. Sama seperti itu, pustakawan juga harus tetap update akan sesuatu hal baru, serta tetap aktif untuk membagikan informasi yang memang kurang diketahui oleh masyarakat banyak.

Dengan kegiatan seperti ini diharapkan kedepannya saya maupun pustakawan diluar sana akan dapat lebih berkreasi lagi dalam mengemas sebuah konten yang akan dibagikan kepada masyarakat. Selain itu juga diharapkan dengan skill yang dimiliki seperti ini dapat membantu pekerjaan saya kedepannya.

Segitu dulu story time kali ini, sampai jumpa di story time lainnya. See you next time!